ULASAN 2 - Bitcoin, Blockchain Forks & Lightning

Pada ulasan kedua ini, saya akan mengulas video berjudul Bitcoin, Blockchain Forks & Lightning. Videeo ini dibuat oleh Computerphile, sebuah kanal Youtube yang banyak membahas tentang komputer. Video ini memiliki durasi 8 menit 40 detik ini, Video yang dipublikasikan pada tanggal 17 November 2017 ini telah ditonton lebih dari 50.000 pengguna Youtube. Video ini membahas tentang Bitcoin, sebuah cryptocurrency yang sedang booming termasuk di Indonesia. Video ini bisa diakses melalui https://youtu.be/8uF7RVF2osk.

Video ini membahas tentang block size limit yang ada pada Bitcoin. Pembuat Bitcoin menambahkan block limit sebesar 1 megabytes untuk menghindari DoS Attack yang dapat membuat block menjadi sangat besar. Di dalam video ini dijelaskan bahwa masalah yang dihadapi Bitcoin sekarang adalah semakin banyaknya transaksi sedangkan block sebesar 1 megabytes hanya bisa 3-7 tranksasi perdetik. Terdapat dua solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu on-chained scaling dan off-chained scaling. 

Pada on-chained scaling, hal yang dilakukan adalah memperbesar ukuran block. Bagaimanapun, hal tersebut sulit karena Bitcoin merupakan decentralized system dan semua pengguna harus mengupdate client-nya. Jika tidak, maka akan terjadi Blockchain Forks yaitu percabangan pada blockchain yang disebabkan sebagian node menerima size lebih besar dan sebagiannya lagi tidak. On-chained Scaling juga bisa menyebakan ukuran node semakin membesar dan menjadi super node. Hal ini bisa membuat pengguna tidak mampu lagi menyimpan node dan diperlukan server untuk menjalankan node dan membuat Bitcoin menjadi centralized system. Sedangkan pada off-chained scaling, idenya adalah tidak menyimpan semua transaksi dalam blockchain tetapi hanya menyimpan balance setelah beberapa transaksi. Sayangnya, solusi ini juga masih memiliki banyak masalah seperti diperlukannya Payment Channel yang membutuhkan dana beasr dan membuat Bitcoin juga menjadi Centralized System.

Video ini sangat mudah dipahami karena penggunaan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Ditambah lagi dengan ilustrasi-ilustrasi yang memperjelas pemahaman. Topik yang diangkat juga sangat menarik karena Bitcoin sedang banyak digunakan di Indonesia baik untuk transaksi maupun investasi. Video ini sangat cocok bagi orang-orang yang ingin investasi Bitcoin maupun mahasiswa Ilmu Komputer yang ingin belajar tentang blockchain. Video ini memberikan insight yang sangat baik buat saya.

GitHub Account: arielmikiabraham
Pemetaan Materi: week10
Revisi Pertama: 2 Desember 2017
Revisi Terakhir: 2 Desember 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-2

RANKING05 ULASAN PESERTA OS 2017-2